Terkini

Pages

Categories

Search

 


Wakapolres Bangka Tengah Sebagai Khotib di Masjid Al Marhamah Desa Terak Simpangkatis

Wakapolres Bangka Tengah Sebagai Khotib di Masjid Al Marhamah Desa Terak Simpangkatis

by
1 April 2018
BANGKA TENGAH, BINMAS, POLISI KITA, POLRES
No Comment

PhotoPictureResizer_180331_173945636-366x488
Tribratanewsbabel.com-Polda Kep. Babel-Polres Bangka Tengah.

Koba; Wakapolres Bangka Tengah Kompol Effendi Sugianto telah bertindak sebagai khotib, sekaligus Imam Sholat Jumat di Masjid Al-Marhamah Desa Terak Kecamatan Simpangkatis Kab. Bangka Tengah, Jumat (30/3/2018).
PhotoPictureResizer_180331_174007211-312x416

Kegiatan Wakapolres yg bertindak sebagai khotib sekaligus imam dengan Muadzin Bhabinkamtibmas Desa Terak Brigadir Endy Prasetyo, ini merupakan tindak lanjut dari Program Kapolres Bangka Tengah Akbp Edison Ludy Bard Sitanggang yang berupa Safari Jumat Barokah.

Kegiatan Safari Jumat Barokah ini dipimpin Wakapolres dan dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Bangka Tengah, Sepuluh Personel Bhabin kamtibmas di Kec. Simpangkatis, Ketua Yayasan Masjid AlMarhamah Bapak Danial, Tokoh Pemuda Haji Amrullah, Tokoh masyarakat Haji Sanusi, dan Ketua Karang Taruna Desa Terak Bapak haryono serta Para Jamaah Masjid dari Desa Terak dan sekitarnya.
PhotoPictureResizer_180331_174034981-416x312

Saat Tim Media Tribratanewsbabel konfirmasi kepada Wakapolres Kompol Effendi Sugianto, Sabtu (31/3/2018), Kompol Effendi mengatakan bahwa saat menjadi Khotib di Masjid Al-Marhamah menyampaikan khutbah dengan judul “Himbauan Kamtibmas tentang Bahaya Menyebarkan Berita yg Belum tentu Kebenaran nya atau Berita Hoax sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Al Hujarat ayat 6 dan Al-Qur’an Surat An-Nur ayat 15.

Surat Al-Hujurat Ayat 6
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

Sedangkan dalam Al Qur’an Surat An-Nur ayat 15, Alloh Swt berfirman

Surat An-Nur Ayat 15
إِذْ تَلَقَّوْنَهُ بِأَلْسِنَتِكُمْ وَتَقُولُونَ بِأَفْوَاهِكُمْ مَا لَيْسَ لَكُمْ بِهِ عِلْمٌ وَتَحْسَبُونَهُ هَيِّنًا وَهُوَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيمٌ

(Ingatlah) di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar.

Dari dua ayat Al.Qur’an tersebut di atas, jelaslah bagi kita jika kita menerima berita berita yang belum tentu benar, yang saat ini terkenal dengan istilah HOAX, maka harus dicek dulu kebenarannya, dan jangan langsung dishare jika kita tidak mengetahui kebenarannya, karena Alloh Swt akan murka terhadap orang orang yang suka menyebarkan berita bohong, ujar Kompol Effendi Sugianto saat jadi Khotib mengingatkan para Jamaah Jumat termasuk dirinya selaku Khotib.

Usai menjadi Khotib sekaligus sebagai Imam Sholat Jumat, lalu dilanjutkan kegiatan Ngopi Kamtibmas sekaligus silaturrahim dengan para jamaah untuk saling tukar informasi, yang diakhiri dengan Deklarasi Para Jamaah ANTI HOAX dan Mendukung Pilkada Dsmai (Mn)

PhotoPictureResizer_180401_093147059-416x312



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *