Terkini

Pages

Categories

Search

 


Polres Belitung Tangkap DJ Pelaku Ujaran Kebencian

Polres Belitung Tangkap DJ Pelaku Ujaran Kebencian

by
19 September 2018
BELITUNG, POLISI KITA, POLRES
No Comment

TRIBRATANEWSBABEL.COM-BELITUNG; Satuan Reserse Kriminal Polres Belitung telah mengamankan DJ als D bin M (26) di Jl. Sijuk Desa Air Merbau Kec. Tanjung pandan Kab. Belitung, Senin (17/9/2018) pukul 23.30 WIB.

DJ yang merupakan buruh harian lepas ini diamankan karena diduga telah melakukan ujaran kebencian pada organisasi Polri dan menyebarkan berita bohong dengan cara memposting di akun Facebook miliknya yg diketahui pada hari Senin (17/9) pukul 13.00 WIB.

Demikian kata Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana kepada Tribratanewsbabel, Selasa malam (18/9) melalui ponselnya.

Kapolres menjelaskan kronologis kejadiannya, yaitu hari Senin (17/9) pukul 23.30 Wib Polres Belitung telah mengamankan seorang pelaku penyebar berita bohong (Hoax) dan ujar kebencian terhadap Polri dan Pemerintah melalui akun facebook pribadinya yg bernama Dirja Anx Garvix, dengan cara menyebarkan informasi bohong yang menyesatkan publik, berawal info dari pihak Polri tentang situasi yang beredar sekarang ini, masalah pencurian dengan kekerasan (begal), lalu pelaku berkomentar dan mengatakan bahwa “Penangkapan dari Pihak kepolisian hanya formalitas saja biar dak ketahuan kedok e” dan beberapa postingan pelaku yg mengatakan yang tidak benar sesuai fakta dan data yg ada.

Pelaku mengakui secara sengaja telah menyebarkan informasi yang tidak benar dan segala perbuatan pelaku secara sadar dan atas keinginan pribadi, ujar Kapolres.

Kapolres mengatakan, bahwa barang bukti yg disita dari pelaku yaitu Handphone Samsung J 1 mini warna putih milik pelaku yang berisi postingan ujaran kebencian.

Pelaku Dirja disangka melanggar pasal 45 a ayat (1), (2) UU No 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman pidana penjara 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp 1 Milyar, ujarnya. (MN)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *