Terkini

Pages

Categories

Search

 


KPU Apresiasi Kinerja Polri Ungkap Kasus Hoax ‘Settingan Server’

KPU Apresiasi Kinerja Polri Ungkap Kasus Hoax ‘Settingan Server’

by
9 April 2019
HEADLINE, POLISI KITA
No Comment

Tribratanewsbabel, Bidang Hubungan Masyarakat – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) mengapresiasi kinerja Polri yang telah dengan cepat mengungkap kasus hoaks terkait “setting-an” server KPU. Hoaks tersebut menyebutkan bahwa server KPU di Singapura telah diatur untuk memenangkan salah satu pasangan capres-cawapres.

Komisioner KPU Ilham Saputra menuturkan, hoaks tersebut telah membentuk opini yang salah di masyarakat. “Saya mengapresiasi kerja Polri yang begitu cepat sehingga tidak berlama-lama,” kata Ilham Saputra di saat konferensi pers di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (08/04/19).

“Karena berita yang kemarin diviralkan itu sudah banyak sekali tersebar sehingga membuat opini dari masyarakat sekan-akan berita tersebut benar,” sambungnya.

Komisioner KPU pun kembali mengungkapkan bahwa KPU hanya memiliki server di Indonesia dan tidak ada server di luar negeri, seperti yang disebutkan dalam video tersebut. “Kedua, proses penghitungan, rekapitulasi yang digunakan adalah manual sebagai hasil resmi dari Pemilu 2019,” tuturnya.

Sebelumnya apparat Kepolisian berhasil mengungkap kasus hoaks terkait “setting-an” server KPU dan menangkap dua tersangka terkait kasus tersebut. Tersangka pertama berinisial EW yang ditangkap pada Sabtu (06/04/19) di Ciracas, Jakarta Timur. Kemudian, RD ditangkap di Lampung, pada Minggu (7/4/2019). EW menyebarkan hoaks tersebut melalui akun Twitter-nya, yang kemudian disambungkan ke situs daring Babe.com.

Kasus tersebut dilaporkan KPU melalui komisionernya kepada Bareskrim di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (04/04/19). Sebelumnya, beredar kabar bahwa server KPU di Singapura sudah men-setting kemenangan salah satu pasangan capres-cawapres.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *