Terkini

Pages

Categories

Search

 


Kapolres Beltim : Bakar Hutan Sanksi 15 Tahun Penjara

Kapolres Beltim : Bakar Hutan Sanksi 15 Tahun Penjara

by
12 August 2019
BELITUNG TIMUR, HEADLINE, POLISI KITA, POLRES
No Comment

Tribratanewsbabel, Bidang Hubungan Masyarakat – Kapolres Beltim AKBP Erwin Siboro menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Beltim untuk tidak melakukan pembukaan lahan atau hutan dengan cara dibakar. Mengingat kondisi di musim kemarau akan membuat api susah untuk dipadamkan dan mudah merambat ke lahan yang lain.

Lanjut Kapolres Beltim, mengingatkan bahwa banyak sanksi hukum yang menanti jika terbukti sengaja membakar lahan. Mulai dari Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, UU No 18 Tahun 2004 tentang Kehutanan, UU No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta KUHP.

“Kalau terbukti kedapatan sengaja membakar hutan pidananya dari mulai dari 10 sampai 15 tahun penjara dengan denda mencapai Rp 10 milyar,” Tegas Kapolres Beltim

Kapolres juga menghimbau agar seluruh instansi dan masyarakat dapat saling menjaga terjadinya kebakaran lahan. Ia pun meminta agar masyarakat dapat melaporkan jika ada oknum yang sengaja membakar lahan.

“Silahkan apabila ada yang mengetahui adanya pembakar lahan, laporkan dengan kami. Kami siap menindak tegas,” tegas Kapolres Beltim.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *