Terkini

Pages

Categories

Search

 


Kapal Tanker Bermuatan 700 Ton Bbm Solar Ilegal Diamankan Dit Polairud Polda Babel

Kapal Tanker Bermuatan 700 Ton Bbm Solar Ilegal Diamankan Dit Polairud Polda Babel

by
28 December 2018
POLAIR
No Comment

TRIBRATANEWSBABEL,- Kamis, 20 Desember 2018. Pukul 17.00 WIB. Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Polda Kep. Babel, Tim Hiu Macan Subdit Gakkum Dit Polair Polda Kep. Babel yang di Pimpin Oleh Kanit Lidik AKP Teguh Setiawan, S.H, S.IK melakukan patroli gabungan dengan Kapal Polisi XXVIII–2004 yang di Komandani oleh Brigpol Suparmin telah berhasil mengamankan Kapal Tanker MT. Majuan-5 beserta 14 Abk di wilayah Perairan Selat Bangka, Muntok Kab. Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di koordinat 2.07.340.2 S dan 105.09.608 E.
Penangkapan ini berawal ketika anggota Subdit Gakkum mendapat Informasi dari masyarakat bahwa adanya Kapal Tanker yang mengangkut BBM jenis Solar yang diduga Ilegal yang akan melintasi Perairan Selat Bangka, Muntok Kab. Bangka Barat, selanjutnya Tim Hiu Macan bersama crew Kapal Polisi XXVIII-2004 langsung melakukan Penyelidikan Patroli dalam menindak lanjuti informasi dari masyarakat tersebut dan berhasil menemukan Kapal Tanker MT. Majuan-5 beserta14 ABK dengan Nahkoda Kapal yang bernama Hanjar Parwoko (47) yang beralamat di Jalan Gedong Kiwo MJ I / 999 Yogyakarta.
Pada saat dilakukan pengecekan dokumen dan muatan pada hari yang sama Kapal Tanker MT. Majuan-5 langsun dibawa menuju ke Pangkalan Mako Dit Polairudda Kep. Babel dengan dilakukan pengawalan oleh anggota Subdit Gakkum untuk dilakukan proses lebih lanjut, adapun barang bukti yang telah di amankan yaitu 1 Kapal Tanker MT. Majuan-5, 14 orang ABK dan Nahkoda Kapal beserta 700 ton BBM jenis Solar dan 1 Bundel Dokumen Kapal. Kerugian negara yang dapat di selamatkan dari upaya penggagalan kasus Ilegal Oil ini di taksir lebih kurang 7 Milyar Rupiah.“ kata Kasubdit Gakkum Dit Polairudda Kep. Babel Akbp Irwan Deffi Nasution, S.IK, M.H atas seizin Direktur Polairud Akbp Mochamad Zainul, S.IK, M.H.
Adapun Pasal yang akan di sangkakan yaitu Pasal 53,54 huruf (b) UU No 22 Th 2001 tentang (Migas) Jo 55,56 dan Pasal 62 ayat 1 UU No 8 Th 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kasubdit Gakkum Akbp Irwan juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menggunakan BBM Ilegal ini jangan sampai tergiur dengan harga BBM yang murah, dikarenakan BBM tersebut tidak layak edar dan apabila digunakan maka mesin kendaraan akan mengalami kerusakan dikarenakan tingkat kualitas BBM tersebut yang tidak sesuai dengan standar dan spesifikasi yang ditentukan untuk digunakan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *